Persentasi Partisipasi Masyarakat Indonesia (motif agama)

Guys, dalam tulisan gua kali ini gua bakal bagiin informasi mengenai seberapa besar partisipasi masyarakat indonesia dalam kebijakan publik pemerintah berdasarkan motif agama. seperti yang kita ketahui bahwa dalam teori partisipasi politik terdapat beberapa motif yang menjadi motivasi masyarakat untuk berpartisipasi dalam kebijakan publik yakni :
1.   Motif social, yakni kesadaran seseorang atas kewajiban kita agar bersifat social karena tidak mampu hidup sendiri.
2.      Agama
3.      Kekuasaan, yakni biasanya yang bersifat politis
4.      Ekonomi, yakni kecenderungan ikut karena hal-hal yang bersifat keuntungan. Kecendrungan pragmatis yakni ketika seseorang melakukan sesuatu selama hal itu menguntungkan.

nah dalam artikel ini gua bakal fokus kepada motif agama. dalam hal ini gua bakal mengambil sampel studi kasus Ahok dalam berita kontroversialnya yakni mengenai penistaan agama.

berikut saya lampirkan perkiraan jumlah massa yang ikut demo :
demo 411 : 2,4 juta jiwa
demo 212 : 7,4 juta jiwa

wow banget kan, entah berita tersebut benar atau tidak tapi kita hanya dapat berasumsi. hal yang saya tekankan disini ternyata dalam hal partisipasi dengan latar belakang motif agama, masyarakat indonesia lebih dominan dari pada motif-motif yang lain.

saya rasa hal ini sejalan dengan teori Marx yang menyatakan bahwa agama adalah candu bagi rakyat . sekian dan terima kasih.



Comments

Popular Posts