Perbedaan India dan Indonesia (sudut pandang ilmu pemerintahan)


Whats up guys !!!
Dalam tulisan ini, gua bakal memberikan sedikit informasi atau pengetahuan yang baru-baru nie gua dapat. Sebenarnya tulisan gua kali ini masih berkaitan dengan tulisan gua yang belum lama ini gua publish mengenai kasus penistaan Ahok. Pastinya kalian penasaran apa coba kaitan judul diatas dengan kasus Ahok.
            Kalian tau tidak ? ternyata Indonesia dan india itu merdeka pada bulan yang sama yaitu bulan agustus namun Indonesia 2 tahun lebih dulu merdeka daripada India. Nah, namun yang membuat kita penasaran kenapa yah India lebih maju daripada Indonesia. Bahkan bagi penulis pribadi menganggap bahwa asumsi kalau India itu merupakan Negara dengan sosialisasi tertutup karena adanya sistem kasta itu salah besar besar.
            Pasalnya, kita lihat realita sekarang bahwa India tidak membedakan seseorang untuk eksis dan berkarir. Sebagai bukti nyata kita bisa lihat kesuksesan Trio Khan (Shah Rukh Khan, Salman Khan, dan Aamir Khan) yang notabene muslim sukses berkarir dan berkarya tanpa mempersoalkan agama mereka. Padahal kita ketahui bahwa sekitar 94% penduduk India adalah agama hindu.
            Bahkan bukti bahwa paradigma berpikir masyarakat India telah sangat moderat bisa kita lihat dari naiknya menjadi perdana menteri Dr. Manmohan Singh yang berasal dari kaum Singh yang juga merupakan kaum minoritas yakni Cuma sekitar 3% dari seluruh populasi masyarakat India. Indikasi ini menunjukkan bahwa masyarakat India bersikap secara Objektif dalam memilih pemimpin, tidak peduli dari agama apa dan golongan mayoritas atau minoritas yang terpenting orang tersebut dapat menjadikan India menjadi Negara yang sukses dan terdepan.
            Nah, gua rasa kalian udah ngerti hubungan artikel ini dengan kasus Ahok. Penulis disini tidak mengatakan bahwa sistem di India adalah yang paling benar namun penulis berusaha tetap moderat dan tidak menilai secara subjektif. Gua publish Cuma sebagai bahan referensi rekan-rekan dalam menelaah berbagai fenomena yang terjadi seperti kasus Ahok ini.

            Sekian dan terima kasih, jangan lupa koment yang baik aja yah !!!!

Comments

Popular Posts