Home Schooling (PRO n Kontra)


What up guys !! ketemu lagi meski gak jumpa muka,
Maaf baru update lagi, soalnya baru-baru ini gua habis lomba debat yah Alhamdulillah masuk 8 besar karena lawan gak berani muncul , wkwkwk ,, yah padahal udah siap materi tinggal dihantam .. karena materi gua gak jadi gua hantam di lomba debat ini, dalam Tulisan gua kali ini , gua bakal membahas materi gua. Mosi debatnya itu temanya “ HOME SCHOOLING “.
Gak usah banyak spekulasi , lansung aja gua jabarin argument PRO n Kontranya.
PRO :
-          Lebih Kompeten,
Home schooling membuat pribadi individu lebih  kompeten terhadap bakat dan minatnya, karena home schooling akan lebih terfokus terhada mata pelajaran yang menjadi minatnya sehingga proses belajarnya itu lebih maksimal.
-          Ekonomis,
Home schooling akan berdampak besar terhadap kondisi perekonomian orang tua, karena jumlah pengeluaran orang tua dapat di tekan dengan home schooling yang praktis.
-          Efektif.
Model pembelajaran home schooling akan memberikan pembelajaran yang bersifat prifat, dalam arti pengajar akan hanya mengajar anak yang Lebih sedikit tergantung dari jenis home schooling.
Jenis-jenis home schooling ada 3 :
1.       Home schooling tunggal, yaitu hanya dilakukan oleh satu anak saja atau sebuah keluarga saja.
2.       Home schooling majemuk, yaitu dilakukan oleh beberapa keluarga yang membentuk suatu kelompok dengan pembimbing yang sama namun dilakukan di rumah masing-masing.
3.       Home schooling komunitas, yaitu terdiri atas banyak kelompok keluarga.
-          Relasi yang erat antara orang tua dan anak,
Pada hakikatnya dalam sistem pendidikan home schooling orang tua adalah guru pembimbing yang utama. Sehingga hal ini akan menjadikan relasi antara orang tua dan anak akan lebih dekat dan akan menjadikan watak anak akan lebih conform terhadap harapan orang tua.
-          Terhindar dari pergaulan menyimpang,
Pada hakikatnya, salah satu alasan utama orang tua memilih sistem pendidikan home schooling bagi anak-anaknya adalah kekhawatiran orang tua dengan pengaruh buruk yang mungkin terjadi dalam lingkungan sekolah formal, baik itu khawatir anaknya di bully, ajakan bolos, ajakan merokok dan sebagainya. Dengan adanya alternative home schooling ini, maka orang tua dapat berlega hati karena ia dapat dengan leluasa mengontrol pergaulan anak-anaknya.

Nah itulah beberapa argument yang bersifat pro terhadap home schooling, untuk kontranya gua bakal bagiin di tulisan gua selanjutnya ,, OK thanksssssssssssssss 

sekian n thanks for your all .. koment yang baik aja yah ..


Comments

Popular Posts